Skip to main content
x

Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Wika Logo Innovation and Trust

 

Pemenuhan Terhadap Undang-Undang

Perseroan menyelenggarakan kebijakan CSR berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, Bab V, Pasal 74 ayat (1). Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan program CSR. Perseroan berinisiatif untuk melaksanakan program CSR yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan. Program dan kegiatan CSR menjadi kunci dari keberlanjutan bisnis Perseroan serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Sebelumnya, kegiatan, program, dan biaya CSR Perseroan terkonsolidasi dan terpusat penyelenggaraannya di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebagai Perusahaan Induk.

Kebijakan Iso 26000

Perseroan menyadari bahwa implementasi CSR sangat  penting sebagai penopang pertumbuhan berkelanjutan  baik bagi Perusahaan, masyarakat, maupun lingkungan. Pada 2015, Perseroan menyempurnakan strategi dan kebijakan CSR secara komprehensif dengan menyusun kebijakan dan program CSR berbasis ISO 26000. CSR tidak hanya dipandang sebagai aktivitas pengembangan masyarakat (community development) dan kegiatan filantrofis, tetapi CSR dalam arti luas yang mencakup aspek lingkungan hidup, praktik bisnis yang sehat dan penghormatan  terhadap hak asasi manusia. Tahun 2016, PT Wijaya Karya Beton Tbk., telah menyusun program CSR dengan pelaksanaan yang mengacu kepada Kebijakan ISO 26.000, baik yang dilaksanakan secara tersendiri oleh Perusahaan maupun yang terintegrasi dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., program CSR tersebut antara lain:

  1. Bidang Tata Kelola Organisasi, berupa penerapan Good Corporate Governance (GCG) secara berkesinambungan.
  2. Bidang Hal Asasi Manusia, berupa kegiatan perbaikan saran dan prasarana ibadah.
  3. Bidang Ketenagakerjaan, berupa Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).
  4. Bidang Lingkungan, berupa kegiatan pemanfaatan  limbah atau bahan bekas pakai.
  5. Bidang Praktik Kegiatan Institusi yang Sehat, berupa compliance atas peraturan perundangundangan dibidang industri, perdagangan usaha dan pasar modal.
  6. Bidang Konsumen, berupa Program Bantuan Sosial dan Program Pendidikan, seperti Pasar Murah,
  7. pemberian Beasiswa Internal dan eksternal, WIKA BETON Goes to Campus dan pemberian sponsorship serta kegiatan kunjungan industry ke pabrik-pabrik WIKA BETON.
  8. Bidang Perlibatan dan Pengembangan Masyarakat, melakukan kegiatan bantuan bencana alam dan kegiatan yang mendukung pada Sustainability CSR, seperti seminar dan pelatihan terkait dengan Suistainability CSR.